Jpeg- Identitas Modul
Mata Pelajaran : Matematika
Fase : E (SMK)
Kelas : X
Semester : 1/Ganjil
Tema : Trigonometri
Alokasi Waktu :
- Kompetensi Dasar
- Menerapkan konsep perbandingan trigonometri untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segitiga siku-siku dalam bidang dua dimensi.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri dalam berbagai bidang, misalnya, navigasi, teknik sipil, dan fisika.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen).
- Siswa mampu menggunakan perbandingan trigonometri untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segitiga siku-siku.
- Siswa dapat menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di berbagai bidang.
- Materi Pembelajaran
- Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku Definisi sinus, cosinus, dan tangen. Hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku dan perbandingan trigonometrinya. Nilai perbandingan trigonometri untuk sudut istimewa (0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°). Penggunaan tabel atau kalkulator untuk mencari nilai perbandingan trigonometri sudut lainnya.
- Penerapan Perbandingan Trigonometri dalam Pemecahan Masalah. Menentukan panjang sisi yang belum diketahui pada segitiga siku-siku. Menentukan besar sudut pada segitiga siku-siku. Penerapan trigonometri dalam masalah sehari-hari (misalnya, ketinggian bangunan, jarak, kemiringan). Penerapan trigonometri dalam bidang lain (misalnya, navigasi, teknik sipil, fisika).
- Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
| Apersepsi | : | Mengingat kembali konsep segitiga siku-siku dan teorema Pythagoras. |
| Motivasi | : | Mengaitkan materi trigonometri dengan kehidupan sehari-hari. |
| Eksplorasi | : | Siswa melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku. |
| Elaborasi | : | Guru menjelaskan konsep perbandingan trigonometri dan memberikan contoh soal. |
| Konfirmasi | : | Siswa mengerjakan latihan soal secara individu atau kelompok |
| Penutup | : | |
| Refleksi | : | Siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dipelajari |
| Evaluasi | : | Guru memberikan kuis singkat untuk mengukur pemahaman siswa. |
- Penilaian
| Penilaian Sikap | : | Observasi selama kegiatan pembelajaran |
| Penilaian Pengetahuan | : | Tes tertulis (kuis, ulangan harian, UTS, UAS). |
| Penilaian Keterampilan | : | Tugas individu atau kelompok, presentasi |
- Media Pembelajaran
- Buku teks matematika.
- Alat peraga (misalnya, segitiga siku-siku, busur derajat, penggaris).
- Papan tulis atau whiteboard.
- Laptop dan proyektor (jika tersedia).
- Sumber Belajar
Buku teks matematika SMA.
Modul pembelajaran daring.
Video pembelajaran.
Catatan:
- Modul ini dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sumber daya yang tersedia di sekolah.
- Guru dapat menambahkan aktivitas pembelajaran yang lebih menarik, seperti simulasi atau permainan, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
- Penggunaan teknologi (misalnya, aplikasi pembelajaran, software matematika) dapat memperkaya proses pembelajaran.
Contoh Soal Latihan:
- Pada segitiga siku-siku ABC dengan sudut siku-siku di C, jika panjang sisi AB = 10 cm dan BC = 6 cm, tentukan nilai sin A, cos A, dan tan A.
- Sebuah tangga yang panjangnya 5 meter bersandar pada dinding sehingga membentuk sudut 60° dengan tanah. Tentukan tinggi dinding yang dicapai oleh tangga.
Cikande, 11 Juli 2024
Guru Mapel
(Rasman)
- Identitas Modul
Mata Pelajaran: Matematika
Fase: E
Semester: 1
Tema: Geometri Analitik
Alokasi Waktu: [Sesuaikan dengan jumlah pertemuan]
- Kompetensi Dasar
- Menerapkan konsep jarak, gradien, dan persamaan garis lurus untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri bidang.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penerapan geometri analitik dalam bidang lain, misalnya, fisika dan teknik.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep jarak antara dua titik, gradien garis, dan persamaan garis lurus.
- Siswa mampu menentukan jarak antara dua titik pada bidang kartesius.
- Siswa dapat menentukan gradien suatu garis dan persamaan garis lurus.
- Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri analitik, seperti mencari titik tengah, persamaan garis singgung, dan jarak titik ke garis.
- Materi Pembelajaran
- Jarak antara Dua Titik
- Rumus jarak antara dua titik.
- Penerapan rumus jarak dalam menentukan panjang suatu ruas garis.
- Gradien Garis
- Definisi gradien.
- Cara menentukan gradien suatu garis yang melalui dua titik.
- Hubungan antara gradien dengan kemiringan garis.
- Garis-garis yang sejajar dan tegak lurus.
- Persamaan Garis Lurus
- Bentuk umum persamaan garis lurus.
- Persamaan garis lurus yang melalui satu titik dan diketahui gradiennya.
- Persamaan garis lurus yang melalui dua titik.
- Persamaan garis lurus dalam bentuk intercept.
- Penerapan Geometri Analitik
- Menentukan titik tengah suatu ruas garis.
- Menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva (jika sudah mempelajari).
- Menentukan jarak titik ke garis.
- Penerapan geometri analitik dalam pemecahan masalah sehari-hari (misalnya, menentukan koordinat suatu titik, mencari persamaan lintasan suatu benda).
- Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali konsep koordinat kartesius.
Motivasi : Mengaitkan materi geometri analitik dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, peta, denah).
Kegiatan Inti :
Eksplorasi: Siswa melakukan kegiatan menggambar grafik pada bidang kartesius dan menghitung jarak antara dua titik.
Elaborasi: Guru menjelaskan konsep-konsep dasar geometri analitik dan memberikan contoh soal.
Konfirmasi: Siswa mengerjakan latihan soal secara individu atau kelompok.
Penutup:
Refleksi: Siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
Evaluasi: Guru memberikan kuis singkat untuk mengukur pemahaman siswa.
- Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan pembelajaran.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis (kuis, ulangan harian, UTS, UAS).
Penilaian Keterampilan : Tugas individu atau kelompok, presentasi.
- Media Pembelajaran
- Buku teks matematika.
- Alat peraga (misalnya, papan koordinat, mistar, jangka).
- Papan tulis atau whiteboard.
- Laptop dan proyektor (jika tersedia).
- Software geometri dinamis (misalnya, GeoGebra).
- Sumber Belajar
- Buku teks matematika SMA.
- Modul pembelajaran daring.
- Video pembelajaran.
Contoh Soal Latihan:
Tentukan jarak antara titik A(2, 3) dan B(5, -1).
Tentukan gradien garis yang melalui titik P(1, 4) dan Q(-2, 6).
Tentukan persamaan garis lurus yang melalui titik A(3, -2) dan sejajar dengan garis y = 2x + 1.
Cikande, 11 Juli 2024
Guru Mapel
(Rasman)
- Identitas Modul
Mata Pelajaran : Matematika
Fase : E (SMK)
Semester : 1
Tema : Kalkulus
Alokasi Waktu : [Sesuaikan dengan jumlah pertemuan]
- Kompetensi Dasar
- Menerapkan konsep limit fungsi untuk menganalisis perilaku fungsi di sekitar suatu titik.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan laju perubahan sesaat dan turunan fungsi.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep limit fungsi.
- Siswa mampu menghitung nilai limit fungsi.
- Siswa dapat menjelaskan konsep turunan sebagai laju perubahan sesaat.
- Siswa dapat menentukan turunan suatu fungsi aljabar.
- Siswa dapat menerapkan konsep turunan dalam pemecahan masalah.
- Materi Pembelajaran
- Limit Fungsi
- Definisi limit fungsi.
- Cara menentukan nilai limit fungsi secara aljabar.
- Limit fungsi di tak hingga.
- Penerapan limit dalam mencari asimtot suatu fungsi.
- Turunan Fungsi
- Definisi turunan sebagai laju perubahan sesaat.
- Cara menentukan turunan fungsi menggunakan definisi.
- Aturan-aturan turunan (turunan fungsi aljabar, turunan perkalian, turunan pembagian, turunan fungsi komposisi).
- Penerapan turunan dalam mencari gradien garis singgung kurva.
- Maksimum dan minimum suatu fungsi.
- Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali konsep fungsi dan grafik fungsi.
Motivasi : Mengaitkan konsep limit dan turunan dengan fenomena alam (misalnya, kecepatan, percepatan).
Kegiatan Inti :
Eksplorasi : Siswa melakukan kegiatan eksplorasi grafik fungsi menggunakan software atau kalkulator grafik.
Elaborasi : Guru menjelaskan konsep limit dan turunan secara bertahap, disertai contoh-contoh soal.
Konfirmasi : Siswa mengerjakan latihan soal secara individu atau kelompok.
Penutup :
Refleksi : Siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
Evaluasi : Guru memberikan kuis singkat untuk mengukur pemahaman siswa.
- Penilaian
- Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan pembelajaran.
- Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis (kuis, ulangan harian, UTS, UAS).
- Penilaian Keterampilan : Tugas individu atau kelompok, presentasi.
- Media Pembelajaran
- Buku teks matematika.
- Alat peraga (misalnya, model grafik fungsi).
- Papan tulis atau whiteboard.
- Laptop dan proyektor (jika tersedia).
- Software matematika (misalnya, GeoGebra, Wolfram Alpha).
- Sumber Belajar
- Buku teks matematika SMK.
- Modul pembelajaran daring.
- Video pembelajaran.
Contoh Soal Latihan:
Tentukan nilai dari lim (x → 2) (x² – 4) / (x – 2).
Tentukan turunan dari fungsi f(x) = 3x² – 2x + 1.
Tentukan persamaan garis singgung kurva y = x³ pada titik (2, 8)
- Identitas Modul
Mata Pelajaran : Matematika
Fase : E (SMK)
Semester : 1
Tema : Statistika dan Probabilitas
Alokasi Waktu : [Sesuaikan dengan jumlah pertemuan]
- Kompetensi Dasar
- Mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk mengambil keputusan.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengumpulkan dan mengorganisasikan data.
- Siswa mampu menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik.
- Siswa dapat menghitung ukuran pemusatan dan penyebaran data.
- Siswa dapat memahami konsep peluang suatu kejadian.
- Siswa mampu menghitung peluang kejadian sederhana dan majemuk.
- Materi Pembelajaran
- Pengumpulan dan Penyajian Data
- Jenis-jenis data (kualitatif, kuantitatif).
- Teknik pengumpulan data (angket, wawancara, observasi).
- Penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, diagram batang, diagram lingkaran, dan histogram.
- Ukuran Pemusatan dan Penyebaran Data
- Ukuran pemusatan (mean, median, modus).
- Ukuran penyebaran (jangkauan, kuartil, deviasi standar).
- Interpretasi hasil analisis data.
- Peluang
- Ruang sampel dan kejadian.
- Peluang suatu kejadian.
- Peluang kejadian saling lepas dan saling bebas.
- Aturan penjumlahan dan aturan perkalian peluang.
- Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali konsep himpunan dan perbandingan.
Motivasi : Mengaitkan materi statistika dan probabilitas dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, hasil survei, peramalan cuaca).
Kegiatan Inti :
Eksplorasi : Siswa melakukan pengumpulan data secara langsung atau menggunakan data yang sudah ada.
Elaborasi : Guru menjelaskan konsep-konsep dasar statistika dan probabilitas, disertai contoh-contoh soal.
Konfirmasi : Siswa mengerjakan latihan soal secara individu atau kelompok.
Penutup:
Refleksi : Siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
Evaluasi : Guru memberikan kuis singkat untuk mengukur pemahaman siswa.
- Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan pembelajaran.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis (kuis, ulangan harian, UTS, UAS).
Penilaian Keterampilan : Tugas individu atau kelompok, presentasi.
- Media Pembelajaran
- Buku teks matematika.
- Alat peraga (misalnya, dadu, koin).
- Papan tulis atau whiteboard.
- Laptop dan proyektor (jika tersedia).
- Software statistika (misalnya, Excel, SPSS).
- Sumber Belajar
- Buku teks matematika SMA.
- Modul pembelajaran daring.
- Video pembelajaran.
Contoh Soal Latihan:
Dari data nilai ulangan matematika 30 siswa, hitunglah rata-rata, median, dan modus.
Sebuah dadu dilempar satu kali. Tentukan peluang munculnya mata dadu ganjil.
- Identitas Modul
Mata Pelajaran : Matematika
Fase : E (SMA)
Semester : 1
Tema : Aljabar Linear
Alokasi Waktu : [Sesuaikan dengan jumlah pertemuan]
- Kompetensi Dasar
- Menerapkan konsep matriks dan determinan untuk menyelesaikan masalah.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear menggunakan matriks.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep matriks, operasi matriks, dan determinan.
- Siswa mampu menyelesaikan operasi hitung pada matriks.
- Siswa dapat menghitung determinan matriks ordo 2×2 dan 3×3.
- Siswa mampu menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dan tiga variabel menggunakan metode matriks.
- Siswa dapat menerapkan konsep aljabar linear dalam pemecahan masalah.
- Materi Pembelajaran
- Matriks
- Definisi matriks, ordo matriks, dan elemen matriks.
- Jenis-jenis matriks (matriks baris, matriks kolom, matriks persegi, matriks identitas, matriks nol).
- Operasi pada matriks (penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, perkalian matriks).
- Determinan
- Definisi determinan matriks.
- Cara menghitung determinan matriks ordo 2×2 dan 3×3.
- Sifat-sifat determinan.
- Sistem Persamaan Linear
- Bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel dan tiga variabel.
- Penyelesaian sistem persamaan linear menggunakan metode matriks invers.
- Penerapan sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah.
- Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali konsep persamaan linear dan sistem persamaan.
Motivasi : Mengaitkan materi aljabar linear dengan kehidupan sehari-hari (misalnya, jaringan listrik, analisis data).
Kegiatan Inti :
Eksplorasi : Siswa melakukan kegiatan manipulasi matriks menggunakan berbagai contoh soal.
Elaborasi : Guru menjelaskan konsep-konsep dasar aljabar linear, disertai contoh-contoh soal.
Konfirmasi : Siswa mengerjakan latihan soal secara individu atau kelompok.
Penutup :
Refleksi : Siswa diminta untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
Evaluasi : Guru memberikan kuis singkat untuk mengukur pemahaman siswa.
- Penilaian
- Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan pembelajaran.
- Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis (kuis, ulangan harian, UTS, UAS).
- Penilaian Keterampilan: Tugas individu atau kelompok, presentasi.
- Media Pembelajaran
- Buku teks matematika.
- Papan tulis atau whiteboard.
- Laptop dan proyektor (jika tersedia).
- Software matematika (misalnya, MATLAB, Octave, Scilab).
- Sumber Belajar
- Buku teks matematika SMA.
- Modul pembelajaran daring.
- Video pembelajaran.
Contoh Soal Latihan:
Diketahui matriks A = [1 2; 3 4] dan B = [2 -1; 0 3]. Hitunglah A + B, A – B, dan AB.
Hitunglah determinan dari matriks C = [2 1; -3 4].
Selesaikan sistem persamaan linear berikut menggunakan metode matriks invers: 2x + y = 5 x – 3y = -2




